Belajar IELTS di Kampung Inggris, Pare

Aku bakal nyeritain pengalaman aku selama belajar IELTS di Kampung Inggris Pare. Sebelum aku ke Pare, aku sempetin searching di Google dan mencari tempat kursus yang paling direkomendasikan untuk belajar IELTS. Beberapa diantaranya ada Elfast, Global (GE), TEST dan Webster.

Kemudian saya mencari tempat kosan yang lumayan nyaman buat belajar, nah di Pare itu ada dua macem tempat tinggal, (1) kos dan (2) camp. Kalo kosan itu lebih bebas, beberapa lebih murah daripada Camp, gaada aturan harus pake bahasa inggris, lebih individual. Kalo buat cewe, kosan paling recommended adalah BSK (Bale Seto Kemuning). Tempatnya bersih banget. Waktu bulan Oktober 2016, harganya 400rb/bulan. Kalo sekarang gatau berapa. Kalo Camp itu adalah tempat tinggal yang diharuskan ngobrol pake bahasa inggris. Ada yang 24 jam ada yang ngga. Terus ada hukumannya kalo ga pake bahasa inggris. Nah buat kalian yang pengen fasih speaking-nya, aku rekomendasikan tinggal di Camp. Ada juga yang tempat kursusan yang menyediakan Camp. Tapi ga semua tempat kursusan yang program campnya berjalan, maksudnya ada beberapa camp yang memperbolehkan siswanya pake bahasa Indonesia. Kan sama aja kayak kosan biasa. Hehehe. Kalo tempat kursusan yang menyediakan Camp dan program Campnya berjalan itu Global English. Sebenernya sih ga cuman Global English, tapi kata temen-temen aku yang di Pare, Camp di Global lumayan recommended. Kalo kamu pengen ngecamp tapi ambil coursenya di tempat lain, ada Cherry Camp dan Alfafa Camp yang lumayan banyak peminatnya di Pare. Kalo harga perbulannya, bisa ditanya di CP yang ada di website masing2. Bisa dicari di Google.

Nah bagi kalian yang baru pertama kali mau ke Pare, Belajar Bahasa Inggris itu ada tingkatannya.

Buat Grammar:

  1. Beginner, ini biasanya belajar susunan kata dan istilah-istilahnya, kayak noun, adjective, dll.
  2. Intermediate: udah mulai masuk tenses dan praktik penggunaannya
  3. Advance: omitting, collocation, dll. disini belajar peringkasan juga, belajar gimana buat kalimat yang efektif. udah mulai nulis dari satu paragraf hingga satu essai.

Tapi kadang beda beda sih istilah setiap tingkatan grammar di masing-masing tempat kursus. Akan lebih baik jika ngecek di websitenya masing-masing, kalo masih bingung bisa dichat lewat LINE atau WA. Atau kamu bisa datang langsung kesana.

Buat Pronunciation – Speaking:

Kalo menurut aku, untuk belajar speaking yang bagus tuh di camp. Sepengalaman aku ambil beberapa speaking course di Pare, pengaruhnya dalam lancar ngganya ngomong bahasa Inggris itu dikit. Tapi semenjak aku masuk Camp, speaking aku lumayan lancar. Hehehe. Tapi kalo kalian tetep pengen ambil speaking course berikut beberapa tempat kursus yang paling banyak diminati di Pare: Elfast, GE, Daffodils, Mr. Bob.

Buat Reading – Vocab:

Buat Skill yang satu ini, menurut aku kalian ga perlu ambil kursus. Karena yang kalian butuhin adalah perbanyakin vocab dan kesabaran (hohoho). Supaya skor reading kita naik, kita harus bener-bener ngerti apa yang dimaksud dalam sebuah teks. Karena itu kita perlu memperbanyak vocab! Gimana caranya??

  1. Baca Berita!
    Selama belajar bahasa Inggris kamu harus membiasakan diri dengan suasana segala Inggris. Gausah malu karena dibilang sok sokan Inggris. Malah Gausah malu buat belajar apapun, ok? Baca berita membuat kita terbiasa membaca bahasa formal dalam bahasa Inggris. Kita juga menemukan banyak variasi dalam satu kata, contoh: solve, tackle, find a solution, address, dan banyak lagi. Makin sering kita baca, makin banyak vocab yang kita ketahui. Beberapa aplikasi Berita yang sering aku baca adalah: The Guardian, BBC News, BBC Radio, CNN. Bisa dicari di PlayStore
  2. Gatau artinya? Buka Kamus atau Google!

Jangan malas-malas buka kamus atau Google. Kenapa google? Karena kadang Google lebih jelas artinya dibandingkan kamus hehe. Pernah tau artinya tapi lupa? Buka kamuslah buat mastiin! Hehhee. Daripada ragu, hahaha. Bahkan ada beberapa kata dalam bahasa Inggris yang ga bisa dijelasin dalam bahasa Indonesia, kalo dipaksain ke bahasa Indonesia malah jadi salah. Oleh karena itu, selain kalian perlu punya aplikasi kamus Ing-Ind, kamu juga perlu kamus Ing-Ing. Aplikasi kamus yang aku pake adalah: LINE DICT Ind-Eng, Merriam Webster, Kamus Collocation, sama KBBI.

  1. Apalin!

Ya! Kamu harus ngapalin vocabnya, kamu bisa pake cara kamu sendiri gimana ngapalin vocab. Ada yang harus pake ngebayangin bentuknya biar hapal, ada yang harus diulang sampe 20x, dan sebagainya. Kalo waktu aku belajar IELTS, aku disuruh tutor nulis semua vocab yang aku ga tau dari Cambridge IELTS 1 sampe 11. Setiap pertemuan, aku disuruh setoran apalan. Gimana? Mantep kan? Kalian bisa nyoba cara ini.

  1. Pake di Writing dan Speaking

Supaya kamu lebih mengerti pemakaian vocab yang baru kamu apalin, kamu bisa menggunakannya di Writing dan Speaking. Semakin banyak variasi kata yang kamu gunakan dalam Writing dan Speaking, semakin tinggi nilai Skor IELTS kamu. Bahkan jika kamu menggunakan uncommon word.

 

Buat Listening:

Ini tips dari tutor aku dan ampuh binggo! Setiap hari harus nonton tv series UK. Ga boleh ngga. Karena ini untuk pembiasaan dengan British Accent. Beberapa TV series yang pake logat British itu Sherlock Holmes, Games of Thrones, dan banyak lagi. Kalian bisa download di Google. Selain itu kalian juga bisa dengerin BBC Radio setiap hari buat latihan listening.

Selama aku disana, aku lebih menghabiskan waktu belajar sendiri sama Privat. Menurutku, Reading dan Listening skill bisa dipelajari sendiri. Sedangkan Writing dan Speaking membutuhkan seseorang yang ahli di bidang bahasa Inggris untuk mengoreksi kesalahan Grammar, Pronunciation, dan Collocation yang kita pakai. Karena itu aku mengambil kelas privat untuk Writing dan Speaking di Pare.

Semoga tulisan ini membantu.

Terimakasih ^_^

 

 

Iklan

2 respons untuk ‘Belajar IELTS di Kampung Inggris, Pare

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s