Mengajar Matematika (1)

Selama ini, aku berpikir alasan aku mengambil jurusan pendidikan matematika adalah tak ada hal lain yang aku suka dan aku mahir di dalamnya selain matematika. Bukan berarti aku adalah orang yang paling mahir dalam menyelesaikan soal-soal matematika di antara teman-temanku. Hanya saja, dari kecil matematika lah yang aku punya. Aku hanya punya matematika, yang bisa membuatku ada.

Ini serpihan cerita mengapa aku bisa jatuh cinta dengan matematika. Di pamekasan, Madura, tempat aku dilahirkan dan menghabiskan masa kecilku, perempuan dan laki-laki benar-benar memiliki batas yang jelas. Laki-laki bermain dengan laki-laki, perempuan bermain dengan perempuan. Tidak bisa campur. Meskipun masih kecil. Karena keluargaku memang lebih banyak melahirkan anak laki-laki daripada perempuan dan pada tahun 96 yang lahir perempuan hanyalah aku, akhirnya aku tidak memiliki teman. Huhuhu 😦

Aku lebih sering bermain di rumah. Akhirnya aku bosan karena tak ada teman mengobrol, ibu sibuk dengan pekerjaannya, yaitu pembuat baju. Aku memaksa saudara-saudaraku (perempuan) yang waktu itu sudah SMP mengajarkanku membaca dan menghitung. Alhasil, aku anak kecil yang paling cepat membaca menulis dan menghitung.

Sejak itulah aku tak berhenti mempelajari aturan-aturan dalam matematika. Matematika itu mengasyikkan, menggemaskan, memaksa kita untuk memutar kepala kita untuk memecahkan teka teki dalam setiap soalnya. Seringkali aku menunda makan untuk menyelesaikan satu soal matematika. Itu bukan hal yang tidak biasa.

Aku suka menerangkan pelajaran matematika pada teman-temanku. Aku sangat suka berbagi pengetahuan matematika. Berbagi itu menyenangkan. Ada rasa bahagia yang sangat di dalam hati saat mereka mengerti setiap aku menjelaskan. Kata guru MTs dulu, setiap kita menyalurkan ilmu kita ke orang lain dan orang lain itu menambah ilmunya karena kita, maka ilmu kita akan barokah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s