Susah Sekali Orang Dewasa Mengatakan kata “Maaf”

Ini seringkali terjadi selama aku kuliah. Mungkin orang tua atau guru kita selama di sekolah sesekali mengatakan maaf jika mereka salah, mereka lalai, tidak menepati janji, melakukan hal yang sengaja atau tidak yang membuat kita sakit hati, dan sebagainya. Namun, saat aku kuliah, entah kenapa jarang sekali aku menemukan orang seperti itu.

Dosen misalnya, tidak sekali beliau tidak tepat janji. Entah jam kuliah, membatalkan seenaknya. Terkadang satu jam sebelum pelajaran, meskipun mahasiswa juga rata-rata senang jika dosen melakukan itu. Paling tidak mengenakkan itu saat tanggal ujian sudah ditetapkan dan ternyata dosennya tidak masuk. Lalu beliau hanya mengatakan : “Ini kerjakan tugas saja, minggu depan utsnya.” Semudah itu beliau mengatakannya, tanpa mengatakan maaf. Sulitkah mengatakan hal seperti ini, maaf bapak tidak bisa datang, bapak ada acara mendadak, bapak ada tamu. meskipu

Tidak hanya dosen, kalangan mahasiswa juga begitu. Seringkali aku temukan, mereka lalai, lalu mereka menyebutkan beberapa alasan kenapa mereka lalai. Tanpa mengatakan maaf, mereka hanya beralasan ria. Mungkin beberapa tidak seperti itu, namun itu perbandingannya 1:12. Apakah susah mengatakan hal seperti ini, maaf aku lalai, aku memang yang salah, aku tidak bisa membagi waktu dengan benar, maafkan aku, aku tidak akan mengulanginya lagi. Sulitkah?

Itu terjadi saat aku menjadi panitia suatu acara. Selalu seperti itu. Setiap ada evaluasi suatu kegiatan, pasti ada masalah umum yaitu, kurang koordinasi yang menyebabkan acara tsb tidak bisa berjalan dengan optimal. Oh.. oh.. oh.. always like that. Cant you change?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s